EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Aghnesia Rahmy, 1513021017 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1271Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1272Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kotabumi semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 244 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design dengan teknik penilaian menggunakan teknik tes. Data penelitian berupa skor kemampuan representasi matematis yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian. Berdasarkan uji proporsi dan uji dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil bahwa uji proporsi siswa dengan pembelajaran TTW yang memiliki kemampuan representasi matematis dengan nilai minimum 70 tidak lebih dari 60%. Namun, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran TTW ii lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, think talk write

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:17
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59114

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir