JIHAN RIFKA NABILLA, 1413023031 (2019) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1046Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (894Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan metode eksperimen dan kelas kontrol tanpa metode eksperimen. Data penguasaan konsep siswa dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa selama pembelajaran berlangsung berkategori “tinggi” Kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen diperoleh iii rata-rata skor n-Gain yang berkategori “tinggi” yaitu 0,71 dan kelas kontrol berkategori “sedang” yaitu 0,48. Metode eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa dengan besar pengaruh 0,85 pada kelas eksperimen dan model konvensional berpengaruh 0,69 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Kata kunci: metode eksperimen, mengkomunikasikan, penguasaan konsep, termokimia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:36 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2022 03:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59134 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |