PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

DEVI ANDRIANI, 1413024023 (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (604Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (657Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Problem Based Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 4 yang berjumlah 54 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh menggunakan angket dan data hasil belajar menggunakan nilai pretest dan posttest. Angket keterampilan metakognisi dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample T-test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi baik tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,64 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan metakognisi, Perubahan Lingkungan, Problem Based Learning (PBL)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:22
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir