FAHMI KHOIRUR RESSA, 1543053004 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 JATI INDAH. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2748Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2419Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jati Indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Hal ini dibuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan model problem based learning, ini berarti penggunaan model problem based learning dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, peserta didik, problem based learning. The problem in this study is that the critical thinking skills of the fifth grade students of SD Negeri 1 Jati Indah have not been maximized. This study aims to determine the effect of using problem based learning learning models on students' critical thinking abilities. This type of research is a kind of pre-experimental quantitative research with the design of one group pretest-posttest design. Data collection techniques used are observation and documentation, while data analysis is used Linear Regression Test and t-Test. The results of the study showed that there was an effect of using problem based learning learning models on students' critical thinking abilities. This is evidenced that the students 'critical thinking skills use a problem based learning model higher than those who do not use the problem based learning model, this means that the use of a problem based learning model can help improve students' critical thinking skills. Keywords: critical thinking skill, problem based learning, student.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 04:39 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2022 04:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59223 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |