PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI CAHAYA

OCI PITRIYANTI , 1513022010 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI CAHAYA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
2. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2930Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi cahaya khususnya pada 2 ranah yaitu: kognitif dan psikomotor. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung dan sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 31 Bandar Lampung sebagai kelas eksperimen.Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental menggunakan bentuk one group pretestposttest data diuji dengan teknik pengelompokan hasil belajar, analisis N-Gain, uji hipotesis, uji regresi linier, uji paired T-testdan uji effect size. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan LKPD berbasis POE baik pada ranah kognitif dan psikomotor. Hasil belajar pada ranah kognitif menggunakan LKPD berbasis POE pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6010 termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar pada ranah psikomotor kelas eksperimen memiliki PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI CAHAYA Oleh Oci Pitriyanti Oci Pitriyanti iii rata-rata nilai psikomotor >2,85 yaitu pada kelas eksperimen sebesar 3,52 yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil uji regresi linier diperoleh hasil bahwa hubungan kedua variabel dengan nilai sig 0,000 hal ini berati kedua variabel bersifat linier, dan diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Pengaruh penggunaan LKPD berbasis POE yang diterapkan disekolah terbukti efektif untuk digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil uji effect size dimana hasil ujinya adalah 0,31 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga, keefektifan penggunaan LKPD berbasis POE efektif untuk digunakan dan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: LKPD,POE, Hasil Belajar, Cahaya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:45
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59298

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir