EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA PADAMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

YUNITA SARI, 1513023043 (2019) EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA PADAMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1320Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1321Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest-postest control grup design dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X MIA SMA Negeri 1 Natar semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan kelas X MIA 4 dan X MIA 5 sebagai sampel. Kelas X MIA 4 digunakan sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional sedangkan kelas X MIA 5 digunakan sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimia siswa untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 0,22 dan 0,41. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemampuan iv literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimia dengan pembelajaran konvensional. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasilnya yaitu pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing memilki ukuran pengaruh yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif meningkatkan kemampuan literasi kimia. Kata kunci: inkuiri terbimbing, literasi kimia, larutan elektrolit dan non elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:49
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59304

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir