HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN KEDATON

MARIZHA AGUSTINA, 1413024052 (2019) HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN KEDATON. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3040Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2599Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Swasta se-Kecamatan Kedaton. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2017/2018 di Kecamatan Kedaton yang dipilih purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan angket. Analisis data teknik deskriptif secara statistik menggunakan uji Independent Sample t-test untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kedaton Bandar Lampung mempunyai self-efficacy “tinggi” (63,98 ± 0,50) pada tingkat kekuatan (strength) mencakup gigih dalam belajar, gigih dalam iii mengerjakan tugas dan konsistensi dalam mencapai tujuan. Hasil uji-t sampel independen menunjukkan tidak terdapat perbedaan secara nyata antara selfefficacy yang dimiliki siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA. Adapun nilai koefisien yang dihasilkan pada uji korelasi mengindikasikan hubungan yang rendah antara selfefficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA. Kata kunci : gender, hasil belajar IPA, self-efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:54
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59310

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir