PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019)

SITI MARPU’AH, 1513024002 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (833Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (778Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model problem based learning kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok “Perubahan Lingkungan”. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes dan angket tanggapan peserta didik terhadap model problem based learning. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent pretest-posttest control group design. Hasil nilai pretes-postes dan n- Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test dan hasil angket tangapan peperta didik akan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Hasil kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan model problem based learning iii berpengaruh signifikan pada kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok “perubahan lingkungan”. Kata kunci: kemampuan literasi sains, problem based learning, perubahan lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:20
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59355

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir