PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 10 METRO PUSAT

IRWAN SETIAWAN, 1313053077 (2019) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (969Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (970Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat katagori “CukupAktif”, dan pada siklus II meningkat menjadi “Aktif”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I memiliki katagori “Tinggi” dan meningkat padas iklus II menjadi “Sangat Tinggi”. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar PKn, pendekatan konstruktivistik The problem in this research is the low activity and learning outcomes of students Civics subjects. The purpose of this study is to improve the activities and learning outcomes of Civics students through the application of constructivist approaches. This type of research is Classroom Action Research (CAR). Data collection tools used in the form of observation sheets and formative test questions. Data collection techniques were carried out using nontest and test techniques. Data analysis techniques in the form of qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results show that the application of constructivist approaches can improve civic learning activities and outcomes. Activities of students in the first cycle got the category "Enough", and in the second cycle increased to "Active". The average student learning outcomes in the first cycle has a category of "High" and increased on cycle II to "Very High". Keywords: activities, civics learning outcomes, constructivist approaches

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:22
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59357

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir