PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKATKAN SIKAP KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

MELIANA SRI AGUSTIN, 1513023061 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKATKAN SIKAP KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1278Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (1193Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA N 1 Bandar Lampung semester genap tahun 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi experimen dengan Pretest Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata n-Gain dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan sikap kreatif siswa selama pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan. Sikap kreatif siswa di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain yang diperoleh berkategori “tinggi”dan pada kelas kontrol berkategori “sedang”. Ukuran pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik memiliki hasil kategori “besar”. iii Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik memiliki ukuran pengaruh yang besar dan positif dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: Sikap kreatif siswa, larutan elektrolit dan non-elektrolit, pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:09
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59369

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir