PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

NURMALA, 1413023048 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3000Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2556Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional serta ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bandarlampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan uji-t n-Gain keterampilan proses sains siswa serta uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,79 dan 0,57. Ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang sebesar 0,94 dengan kategori “besar”. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan ke- Nurmala iii terampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional serta pada kelas eksperimen 94% peningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang. Kata kunci : model pembelajaran SiMaYang, keterampilan proses sains, ukuran pengaruh (effect size).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:13
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59376

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir