EFEKTIVITAS LKPD DENGAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Any Safitry, 1713023014 (2022) EFEKTIVITAS LKPD DENGAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1814Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1720Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD dengan liveworksheet berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan LKPD dengan liveworksheet berbasis problem solving dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Keefektifan LKPD dengan liveworksheet berbasis problem solving diukur dari perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan berfikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berfikir kritis peserta didik dikelas kontrol. Hasil uji effect effect size menyatakan bahwa tingginya n-Gain keteramplan berfikir kritis peserta didik pada kelas ekperimen sebesar 97% dipengaruhi oleh LKPD dengan liveworksheet berbasis problem solving. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD dengan liveworksheet berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada materi koloid. Kata kunci: LKPD, liveworksheet, problem solving, keterampilan berfikir kritis, koloid.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203740424 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:53
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59504

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir