PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DAN KLINIK PRATAMA BANDAR LAMPUNG

PUTRI ULAYYA ANJAYA, 1818011014 (2022) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DAN KLINIK PRATAMA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3495Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3497Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang : Penyedia layanan kesehatan harus memberikan mutu pelayanan kesehatan yang baik terhadap pasien. Dengan mutu pelayanan kesehatan yang baik, diharapkan dapat memberikan kepuasan terhadap pasien yang menggunakan pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien hipertensi peserta BPJS Kesehatan terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas dan klinik pratama Bandar Lampung. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden sebanyak 184 orang pasien hipertensi peserta BPJS Kesehatan dari 4 puskesmas dan 4 klinik pratama yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Consecutive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan skala Likert dan diolah dengan sistem skoring serta perbedaan kepuasan pasien dianalisis secara bivariat menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil: Hasil analisis bivariat menggunakan uji Mann Whitney U Test didapatkan sig. 2 tailed = 0,000 (<0,05) yang menunjukkan terdapat perbedaan bermakna kepuasan pasien hipertensi peserta BPJS Kesehataan di puskesmas dan klinik pratama. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien hipertensi peserta BPJS Kesehatan baik di puskesmas maupun klinik pratama keduanya masuk kedalam kategori puas. Namun secara statistik terdapat perbedaan bermakna tingkat kepuasan pasien hipertensi peserta BPJS Kesehatan terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas dan klinik pratama Bandar Lampung, dimana tingkat kepuasan pasien hipertensi peserta BPJS Kesehatan di klinik pratama lebih tinggi dibandingkan dengan di puskesmas. Kata kunci : Tingkat kepuasan pasien, BPJS Kesehatan, puskesmas dan klinik pratama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial; asosiasi > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203435868 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:45
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59753

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir