NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA LEGENDA CANDI BUMIAYU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP (KELAS VII)

ANGGELA SARI, 1713041011 (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA LEGENDA CANDI BUMIAYU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP (KELAS VII). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2069Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1846Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada legenda Candi Bumiayu dan relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerita rakyat Kabupaten Muara Enim legenda Candi Bumiayu dan untuk mengetahui apakah nilai pendidikan karakter pada cerita rakyat tersebut relevan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif untuk mendeskrisikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada legenda Candi Bumiayu dan relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kutipan percakapan, dan kalimat yang ada pada legenda Candi Bumiayu. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku yang berjudul Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Muara Enim 1, sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan teknik studi dokumenter. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan cara membaca cerita rakyat secara keseluruhan, identifikasi, deskripsi, klasifikasi, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai pendidikan religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter cinta tanah air paling banyak ditemukan dalam penelitian ini. Relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia bagi peserta didik di SMP, yaitu melalui pembelajaran sastra pada Kurikulum 2013 dalam Kompetensi Dasar 3.15 dan Kompetensi Dasar 4.15, mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII/2 SMP. Kata Kunci: legenda, pembelajaran bahasa Indonesia, pendidikan karakter

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203763890 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:52
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir