PENGEMBANGAN E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XII SEMESTER 1 M PENGEMBANGAN E- MODUL FLIP PDF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS XII SEMESTER 1 MAN 1 LAMPUNG BARAT

NELRIZAWATI, 2023013003 (2022) PENGEMBANGAN E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XII SEMESTER 1 M PENGEMBANGAN E- MODUL FLIP PDF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS XII SEMESTER 1 MAN 1 LAMPUNG BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (346Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (24Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Melihat potensi dan kondisi yang ada pada masa pandemi covid-19 ini ada suatu peluang yang harus dilakukan oleh guru berinovasi dalam pengembangan bahan ajar. Inovasi yang perlu dilakukan adalah mengembangkan E-Modul Flip PDF pembelajaran PPKn kelas XII Semester 1 MAN 1 Lampung Barat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis potensi dan kondisi, mengembangkan, menganalisis karakter produk, dan mengukur efektifitas produk e-modul flip PDF tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE yaitu analysis, desain, development, implementation dan evaluation. Populasi 174 peserta didik kelas XII MAN 1 Lampung Barat sampel 25 peserta didik XII IPA 1. Subjek penelitian adalah peserta didik, guru PPKn, tim ahli desain, materi, dan media. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) potensi dan kondisi MAN 1 Lampung Barat dari aspek kondisi dan sarana prasana sangat mendukung dikembangkan bahan ajar digital berupa e-modul flip PDF. (2) Proses Pengembangan E-Modul dilakukan oleh tim validasi desain, materi dan media dengan dua kali revisi dari tim ahli hingga tercapai hasil e-modul flip PDF layak dan baik digunakan. (3) Karakter e-modul, ada konten yang bisa secara digital tersambung dengan internet seperti video, audio, link soal, youtube, ada yang nondigital berupa teks dan gambar. E-Modul ini seperti membuka buku halaman perhalaman. (4) E-Modul ini efektif diujikan pada pembelajaran PPKn, ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata posttest 81,20 predikat “sangat baik.” Kata kunci : E-Modul, flip PDF, Model ADDIE By seeing the potential and conditions available during this covid-19 pandemic, there is an opportunity that teacher have to innovate in the development of the teaching materials. The innovation that needs to be made is developing e-module PDF Flip Civic Education Subject for grade XII Semester I Islamic Senior High School number 1 West Lampung. The purpose of this research is to analyse the potential and conditions, develop, analyse the character of the product, and measure the effectiveness of the by-module e-flip PDF. The research uses ADDIE model development methods, such as analysis, design, development, accuracy and application. The population is 174 students from grade XII, Islamic Senior High School number 1 West Lampung, sample of 25 students from grade XII science I. Research subjects are higher education, Civic Education teacher, team of design expert, materials and media. Hypothetical testing is using test t analysis . The result of research show that (1) the potential and condition of Islamic Senior High School number one West Lampung from an aspect conditions and infrastructure strongly supported the development of digital teaching materials of e-module PDF flip. (2) the e-module development process is carried out by the design validation team, materials and media with twice the revision from the expert team to the result of the feasible and well-used e-module PDF flip. (3) emodule character, there are contents that can be digitally connected to the Internet such as videos, audio, links, youtube and some of the non-digital text and image. The e-modules are like opening a page to page of books. (4) e-module effective for Civic Education Learning, with a post-test average mark (81.20) by an Excellent predicate. Keyword: e-module, PDF Flip, ADDIE model

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203546494 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:27
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60127

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir