PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, KEMANDIRIAN BELAJAR, SARANA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KRISTIANI NATALIA DALIMA, 1713031006 (2021) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, KEMANDIRIAN BELAJAR, SARANA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI - kristiani natalia.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL BAB - kristiani natalia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1689Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - kristiani natalia.pdf

Download (1883Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar ekonomi peserta didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/2021 selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, yang dipengaruhi oleh pemanfaatan e-learning, kemandirian belajar, sarana pembelajaran online, dan perhatian orang tua yang diuji menggunakan analisis statistik parametrik secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yakni 123 peserta didik dan sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane sebesar 55 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara online melalui whatsapp, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh pemanfaatan e-learning, kemandirian belajar, sarana pembelajaran online dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/2021 yakni sebesar 0.397 atau 39,7% dengan perolehan Fhitung > Ftabel atau 8,243 > 2,56 dan nilai signifikansi < (α) atau 0,000 < 0,05. Kata kunci: pembelajaran daring, motivasi belajar ekonomi This research was conducted to determine the level of student’s economic learning motivation at grade X of Social Science in Senior High School State 1 Padang Cermin at Academic Year 2020/ 2021 during the pandemic covid-19, which influenced by e-learning utilization, independence learning, online learning facilities, and parental attention were tested by using parametric statistics analysis both partially and simultaneously . The method used in this research was verificative description with ex post facto and survey approaches. The populations were 123 students and the samples were calculated by using Taro Yamane formula of 55 students. The data were collected using various techniques such as observation, online interviews by whatsapp and questionnaire. The results of the research showed that there was an influence of e-learning utilization, learning independence, online learning facilities, and parental attention on student’s economic learning motivation at grade X of Social Science in Senior High School State 1 Padang Cermin at Academic Year 2020/ 2021 which was 0,397 or 39,7% with the statistical calculation results of Fcount > Ftable or 8,243 > 2,56 and the significant value (sig) < α or 0,000 < 0,05. Key words: online learning, economic learning motivation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:56
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 01:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir