PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK

BURHANNUDIN, 1613022051 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Mb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis masalah berbantuan liveworksheets pada materi hukum Newton yang valid dan praktis untuk menstimulus keterampilan proses sains dan kreativitas ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli mendapat skor rata-rata sebesar 93% dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan yang telah diujikan kepada 15 peserta didik dan 11 guru IPA SMP mendapat persentase rata-rata sebesar 89% dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk menstimulus keterampilan proses dan kreativitas ilmiah peserta didik. Selain itu, e-LKPD berbasis masalah yang dikembangkan sangat mungkin untuk diimplementasikan dalam pembelajaran daring maupun secara tatap muka. Oleh karena itu, e-LKPD yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media untuk menunjang pembelajaran daring era pandemi covid-19. Kata kunci: e-LKPD berbasis masalah, liveworksheets, keterampilan proses sains, kreativitas ilmiah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2203748217 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:27
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60205

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir