KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI ISOLAT BAKTERI STREPTOMYCES HYGROSCOPICUS STRAIN I18 DAN SERRATIA MARCESCENS STRAIN MBC1 YANG BERPOTENSI SEBAGAI KANDIDAT ANTIMALARIA

Yusifa Arsy Variani, 1717021077 (2021) KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI ISOLAT BAKTERI STREPTOMYCES HYGROSCOPICUS STRAIN I18 DAN SERRATIA MARCESCENS STRAIN MBC1 YANG BERPOTENSI SEBAGAI KANDIDAT ANTIMALARIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Yusifa Arsy.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Yusifa Arsy.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2874Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Yusifa Arsy.pdf

Download (2445Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyakit malaria merupakan salah satu masalah dalam kesehatan masyarakat di Indonesia. Adanya resistensi antibiotik mendorong peneliti untuk melakukan eksplorasi bahan alam dengan menggunakan mikroorganisme yang diketahui memiliki siklus hidup yang lebih singkat. Tujuan penelitian ini adalah mengkarakterisasi senyawa metabolit sekunder dari ekstrak Streptomyces hygroscopicus strain I18 dan Serratia marcescens strain MBC1 sebagai kandidat antimalaria. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji senyawa kimia, uji kromatografi lapis tipis, uji Fourier Transform Infrared (FT-IR), dan uji Gas Chromatoraphy-Mass Spectroscopy (GCMS). Hasil Uji Senyawa Kimia ekstrak St. hygroscopicus strain I18 mengandung senyawa terpenoid, saponin dan antraquinon glikosida. Ekstrak Se. marcescens strain MBC1 mengandung senyawa alkaloid dan saponin. Hasil uji KLT didapatkan nilai Rf kedua ekstrak sebesar 0,28. Hasil uji FT-IR menunjukkan bahwa gugus fungsi St. hygroscopicus strain I18 memiliki kemiripan dengan terpenoid. Dan ekstrak Se. marcescens strain MBC1 memiliki gugus fungsi yang mirip dengan senyawa alkaloid. Hasil uji GC-MS kedua ekstrak mengandung senyawa 8-Oxabicyclo [5.1.0] octane yang termasuk ke dalam jenis senyawa heterosiklik. Namun, ditemukan senyawa lain pada St. hygroscopicus strain I18 yaitu senyawa 2-Buten-1-ol yang termasuk jenis crotyl alkohol. Pada Se. marcescens strain MBC1 ditemukan adanya senyawa 1,2 Benzenedicarboxylic acid yang termasuk ke dalam senyawa terpenoid. Kedua senyawa isolat tersebut berpotensi sebagai antimalaria. Kata kunci : Metabolit sekunder, Streptomyces hygroscopicus., Serratia marcescens, Antimalaria, Senyawa Kimia, KLT, FT-IR, GC-MS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:01
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60332

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir