HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI ENTEROBIASIS DENGAN PERILAKU PENCEGAHANNYA PADA SISWA SDN SUMUR BATU KOTA BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD SYAHRAFI RAMADHAN, 1858011012 (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI ENTEROBIASIS DENGAN PERILAKU PENCEGAHANNYA PADA SISWA SDN SUMUR BATU KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL_M. SYAHRAFI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2564Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_M. SYAHRAFI.pdf

Download (2531Kb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang: Kasus Enterobiasis yang berkepanjangan akan menyebabkan kehilangan zat gizi pada anak secara terus menerus. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Peranan orang tua merupakan faktor yang penting dalam kesehatan anak. Tanpa pengetahuan yang cukup, orang tua tidak dapat menjaga perilaku sehat anak secara optimal. Semakin tinggi tingkat pengetahuan orang tua diharapkan dapat meminimalkan risiko kecacingan karena pengetahuan yang rendah akan menjadi peluang terjadinya infeksi kecacingan pada anak. Oleh karena itu, peranan orang tua sangat dominan dan dapat menentukan kualitas hidup anak. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan desain cross sectional. Penelitian telah dilaksanakan di SDN Sumur Batu Kota Bandar Lampung pada bulan Februari 2022 hingga selesai. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan jumlah responden total 142 orang. Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan mengenai Enterobiasis dalam kategori kurang (52,11%). Perilaku pencegahan Enterobiasis responden pada penelitian ini sebagian besar berada dalam kategori baik (82,39%). Pada hasil uji statistik hubungan tingkat pengetahuan orang tua mengenai enterobiasis dengan perilaku pencegahannya pada siswa SDN Sumur Batu Kota Bandar Lampung didapatkan nilai p=0,131 dan koefisien korelasi r=0,127. Kesimpulan: Tidak terdapat adanya hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua mengenai enterobiasis dengan perilaku pencegahannya pada siswa SDN Sumur Batu Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Enterobiasis, Pengetahuan, Perilaku.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203869438 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:27
Terakhir diubah: 22 Apr 2022 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir