PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HOTS (Higher Order Thinking Skill) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nina Karerina, 1713032043 (2021) PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HOTS (Higher Order Thinking Skill) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - A.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - A.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHSAN - A.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HOTS (Higher Order Thinking Skill) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh Nina Karerina Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pagelaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara dan dokumentasi. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021 dengan besar persentase pengaruhnya yaitu 63,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, berbasis permasalahan kontekstual, dan tidak rutin dan mengusung kebaruan sedangkan untuk variabel dependen (Y) yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan melakukan pengecekan terhadap semua langkah yang telah dilaksanakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) berpengaruh 63,1% terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS, Keterampilan, Pemecahan Masalah iii ABSTRACT THE EFFECT OF HOTS (Higher Order Thinking Skill) COGNITIVE ASSESSMENT INSTRUMENTS ON SKILLS STUDENT PROBLEM SOLVING ON PPKn SUBJECT IN SMA STATE 1 PAGELARAN SCHOOL YEAR 2020/2021 By Nina Karerina The purpose of this study was to determine the effect of HOTS (Higher Order Thinking Skill) based cognitive assessment instruments on students' problem solving skills in PPKn subjects at SMA Negeri 1 Pagelaran in the 2020/2021 academic year. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. The subjects in this study were students of class XI at SMA Negeri 1 Pagelaran. The sample in this study amounted to 44 respondents. The data collection techniques used the main techniques, namely questionnaires and supporting techniques, namely interviews and documentation. The tool for analyzing data in this study is using SPSS version 23. The results showed that there was an effect of HOTS (Higher Order Thinking Skill) based cognitive assessment instruments on students' problem solving skills in PPKn subjects at SMA Negeri 1 Pagelaran in the 2020/2021 academic year with a large percentage of the effect of 63.1% with independent variable indicators. (X), namely: measuring high-order thinking skills, based on contextual problems, and not routine and bringing newness while for the dependent variable (Y), namely: understanding problems, planning solutions, solving problems according to plan, and checking all steps that have been taken. held. Thus it can be concluded that the HOTS (Higher Order Thinking Skill) based cognitive assessment instrument has an effect of 63.1% on the problem solving skills of students in the PPKn subject at SMA Negeri 1 Pagelaran in the 2020/2021 academic year. Keywords: HOTS-Based Cognitive Assessment Instrument, Skills, Problem Solving,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi > 170 Etika dan filsafat moral
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:07
Terakhir diubah: 26 Apr 2022 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60499

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir