DESTRI MELYANDA, 1726031012 (2021) IMPLEMENTATION OF EDUCATOR COMMUNICATIONS IN ONLINE LEARNING DURING THE PANDEMIC FOR EARLY AGE CHILDREN AT TK CUT MUTIA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK - Destri Melyanda.pdf Download (3116Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL - Destri Melyanda.pdf Restricted to Hanya staf Download (3372Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Destri Melyanda.pdf Download (3374Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Idealnya pembelajaran yang diadakan di lembaga PAUD dilakukan melalui tatap muka langsung, bermain, dan hal-hal yang bersifat menyenangkan. Namun, dalam masa pandemi ini, pendidik menghadapi tantangan baru untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam hal pembelajaran secara daring (dalam jaringan). TK Cut Mutia Bandar Lampung memanfaatkan aplikasi daring yaitu Zoomuntuk proses belajar mengajar, dan aplikasi Whatsapp Group untuk berkomunikasi dengan orang tua murid selama masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi komunikasi pendidik dalam pembelajaran daring di masa pandemi, serta hambatan dan upaya yang dilakukan pendidik di TK Cut Mutia Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Komunikasi Interpersonal dari Joseph Devito (1989). Hasil penelitian yaitu guru melakukan implementasi komunikasi dalam pembelajaran daring dengan menerapkan sikap keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetraan, serta strategi andalan dalam penyampaian pesan melalui metode dongeng bersambung yang memanfaatkan fitur pada aplikasi Zoom. Hambatan yang dihadapi pendidik saat pembelajaran daring yaitu dari segi fisik, semantik, dan psikologis, untuk itu butuh kerjasama yang baik antara pendidik, wali murid, dan anak didik selama pembelajaran daring berlangsung. Kata Kunci: implementasi komunikasi, pembelajaran daring, anak usia dini By DESTRI MELYANDA Ideally, learning held at PAUD institutions is carried out through face-to-face, playing, and fun things. However, in this pandemic period, educators inevitably face new challenges to further improve their abilities in terms of online learning (on the network). Cut Mutia Kindergarten Bandar Lampung utilizes online applications, namely Zoom for the teaching and learning process, and the Whatsapp Group application to communicate with parents during the pandemic. The purpose of this study is to describe the implementation of educator communication in online learning during the pandemic, as well as the obstacles and efforts made by educators at Cut Mutia Kindergarten, Bandar Lampung. The research method used is descriptive qualitative with a case study approach. The theory used in this study is the Theory of Interpersonal Communication from Joseph Devito (1989). The results of the study are that the teacher implements communication in online learning by applying an attitude of openness, empathy, support, a positive attitude, and equality, as well as a mainstay strategy in delivering messages through the serialized story method that utilizes features in the Zoom application. The obstacles faced by educators when learning online are in terms of physical, semantic, and psychological aspects, for that it requires good cooperation between educators, guardians of students, and students during online learning. Keywords: communication implementation, online learning, early childhood
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 02:25 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2022 02:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60546 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |