PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR FOTO DENGAN MEDIA BELAJAR REKAMAN AUDIO DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR MIKRO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

Digna Rosa, 1413033017 (2021) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR FOTO DENGAN MEDIA BELAJAR REKAMAN AUDIO DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR MIKRO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - Atalah Printing.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf

Download (1975Kb) | Preview

Abstrak

Skripsi dengan judul “perbandingan efektivitas penggunaan media belajar foto dengan media belajar rekaman audio dalam mengatasi masalah belajar mikro pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMAN 3 Bandar Lampung ditulis oleh Digna rosa dibimbing oleh Drs. Maskun, M.H. dan Myristica Imanita, S.Pd. M.Pd. Masalah belajar mikro adalah masalah-masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Salah satu masalah belajar mikro adalah sulit mempelajari konsep yang abstrak. Peneliti menerapkan dua media pembelajaran yaitu media belajar foto dan media belajar rekaman audio dalam mengatasi masalah belajar mikro. Rumusan masalah dalam penulisan skrpisi ini adalah Apakah ada perbedaan efektivitas penggunaan media belajar foto dengan rekaman audio dalam mengatasi kesulitan mempelajari konsep yang abstrak pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Bandar Lampung? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen, desain penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment (penelitian semu), adapun jenis desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan One Group Pretest Posttest Design. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, angket, dokumentasi, kepustakaan. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,008 dan ttabel sebesar 1,706. Dikarenakan thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas media belajar foto dengan media belajar rekaman audio dalam mengatasi kesulitan mempelajari konsep yang abstrak ada mata pelajaran sejarah kelas X IPS SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Thesis with the title “Comparison of the effectiveness of using photo learning media with audio recording learning media in overcoming micro learning problems in history subjects for tenth grade Social Sciences at SMAN 3 Bandar Lampung written by Digna rosa, guided by Drs. Maskun, M.H. and Myristica Imanita, S.Pd. M.Pd. Micro learning problems are problems faced by teachers in the process of implementing learning in the classroom. One of the problems of micro learning is that it is difficult to learn abstract concepts. The researcher applied two learning media, namely photo learning media and audio recording learning media in overcoming micro learning problems. The formulation of the problem in writing this thesis is Is there a difference in the effectiveness of using photo learning media with audio recordings in overcoming the difficulties of learning abstract concepts in the history subject of tenth grade Social Studies students at SMA Negeri 3 Bandar Lampung? In this study using a comparative research method with an experimental approach, the research design used in this research is Quasy Experiment (quasi-research), while the type of research design used is Quasy Experiment with One Group Pretest Posttest Design. Data collection techniques carried out are observation, questionnaires, documentation, literature. Data analysis techniques used in this study are normality test and homogeneity test. Based on the hypothesis test, it was obtained that t-count was 2,008 and t-table was 1,706. Because t-count is greater than t-table, it can be concluded that there is a difference in the effectiveness of photo learning media with audio recording learning media in overcoming difficulties in learning concepts in the tenth grade social studies history subject at SMA Negeri 3 Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan teori sejarah
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 09 May 2022 07:42
Terakhir diubah: 09 May 2022 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60688

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir