PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS STEM BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Resa Nur Amelia, 1713053057 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS STEM BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Resa Nur Amelia.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Resa Nur Amelia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1874Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Resa Nur Amelia.pdf

Download (1513Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video berbasis STEM berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Klaten Kecamatan Gadingrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi linier sederhana dan uji t. Hasil analisis regresi liner sederhana didapatkan persamaan Y = 43,86 + 0,56X. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinasi (r square) sebesar 0,614 yang artinya hasil belajar (Y) dipengaruhi sebesar 61,4% oleh penggunaan video berbasis STEM berbantuan media Kahoot (X). Hasil perhitungan uji t pada tingkat signifikansi 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,086 > 2,110. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan video berbasis STEM berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Klaten, Kecamatan Gadingrejo pada tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci :hasil belajar, kahoot, video berbasis STEM The problem in this research was the learning outcomes completeness of student learning was still low. This study aimed to determine the effect of using STEM based videos with media Kahoot on the learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Klaten Gadingrejo. The research method using experiment with non-equivalent control group design. The population in this study is 38 students, sample retrieval techniques used a purposive sampling. Data collection techniques in this research used observation sheets, tests, and documentation. Data analysis techniques using simple liniear regression and t test. The result analysis of simple liniear regression obtained Y =43,86 + 0,56X. The coefficient of determination (adjusted r square) is obtained at 0,614 or 61,4% which means that learning outcomes (Y) is influenced by using STEM based videos with media Kahoot (X). The result of t test obtained tcount > ttable that is 4,086 > 2,110 with (a=0,05). Based on the result analysis, conclude that there is an effect of using STEM based videos with media Kahoot on the learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Klaten Gadingrejo lesson year 2020/2021. Keywords : learning outcomes, kahoot, STEM based videos

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 12 May 2022 01:21
Terakhir diubah: 12 May 2022 01:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir