HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS SAAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

FEBRIYANI DYAH KUSUMA DEWI, 1718011020 (2021) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS SAAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Febriyani Dyah.pdf

Download (1981Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Febriyani Dyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1734Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Febriyani Dyah.pdf

Download (1981Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 di Indonesia menyebabkan perubahan pada berbagai aspek, salah satunya pendidikan. Pemerintah Indonesia sendiri berupaya untuk memutus penyebarannya, salah satunya adalah dengan penerapan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau pembelajaran online. Perubahan metode pembelajaran, menjadi perkuliahan tidak langsung mahasiswa dituntut untuk memiliki kesiapan belajar secara mandiri atau self directed learning readiness, Cara belajar (gaya belajar) sebagai salah satu faktor instrinsik mengambil peranan penting untuk terbentuknya Self Directed Learning Readiness mahasiswa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik komparatif dengan rancangan cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 106 sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi penelitian. Selanjutnya dilakukan uji Chi square untuk melihat hubungan antara gaya belajar dengan SDLR. Hasil: Hasil dari analisis uji Chi square didapatkan hasil berupa p=0,548 (p>0,05) yang artinya H1 ditolak dan H0 diterima sehingga menghasilkan data berupa tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dengan self directed learning readiness. Kesimpulan: Gaya belajar yang dimiliki oleh sebagian banyak responden penelitian ini adalah auditori sebanyak 31%. Tingkat kesiapan belajar mandiri atau self directed learning readiness tinggi adalah tingkatan yang paling banyak dimiliki oleh responden pada peneltiian ini dan tidak ada mahasiswa yang memiliki tingkat kesiapan belajar mandiri yang rendah. Kata Kunci: Gaya Belajar, Pembelajaran online, SDLR. Background: The COVID-19 pandemic in Indonesia has caused changes in various aspects, one of which is education. The Indonesian government itself is trying to stop its spread, one of which is by implementing a policy of teaching and learning activities remotely or online learning. Changes in learning methods, into indirect lectures, students are required to have self directed learning readiness (SDLR). Learning style as one of the intrinsic factors plays an important role in the formation of students self directed learning readiness. Method: This research is a comparative analytic study with a cross sectional with sampling using stratified random sampling technique. The samples used were 106 samples that met the research inclusion criteria. Furthermore, Chi square test was conducted to see the relationship between learning style and SDLR. Result: The results of the Chi square test analysis is p = 0.548 (p> 0.05) which means H1 is rejected and H0 is accepted so as to produce data in the form of no relationship between learning style and self directed learning readiness. Conclusion: The learning style possessed by most of the respondents in this study was auditori as much as 31%. A high level of self directed learning readiness is the level possessed by most of the respondents in this study and none of the students had a low level of self-directed learning readiness Keywords: Learning Style, Online Learning, SDLR.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 12 May 2022 02:08
Terakhir diubah: 12 May 2022 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60883

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir