PERANAN DIAN PELANGI DALAM MELAKUKAN MULTI TRACK DIPLOMASI DAN NATION BRANDING FASHION MUSLIMAH INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT

VINI DWI AYU FAUZIAH, 1616071013 (2021) PERANAN DIAN PELANGI DALAM MELAKUKAN MULTI TRACK DIPLOMASI DAN NATION BRANDING FASHION MUSLIMAH INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Vini Dwi.pdf

Download (976Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Vini Dwi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1600Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Vini Dwi.pdf

Download (1600Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PERANAN DIAN PELANGI DALAM MELAKUKAN MULTI TRACK DIPLOMASI DAN NATION BRANDING FASHION MUSLIMAH INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT Oleh VINI DWI AYU FAUZIAH Dian Pelangi merupakan desainer kenamaan Indonesia yang bergelut di bidang bisnis fashion muslimah dan sudah sering melakukan pagelaran ditaraf internasional untuk memperkenalkan dan mempromosikan fashion muslimah dengan unsur kebudayaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan desainer muslimah Indonesia dan khususnya Dian Pelangi dalam melakukan diplomasi bisnis, nation branding, dan pencitraan fashion muslimah Indonesia di Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data-data sekunder. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kualitiatif yaitu dengan mengumpulkan data- data terkait pagelaran yang dilakukan Dian Pelangi di Amerika Serikat dan menjelaskannya dengan menggunakan teori peran, konsep nation branding dan multi track diplomasi bisnis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dian Pelangi telah melakukan multi track diplomasi bisnis dalam bentuk pagelaran yang dilakukannya di Amerika Serikat. Selain itu, nation branding yang Dian lakukan dapat dilihat dari citra fashion muslimah Indonesia yang terkesan berbeda jika dibandingkan dengan negara lainnya. Namun, brand Dian tidak bisa dikatakan sebagai perwakilan fashion muslimah Indonesia secara keseluruhan. Disisi lain, dengan adanya keaktifan desainer Indonesia, khususnya Dian Pelangi dalam melakukan pagelaran fashion di Amerika Serikat, hal ini telah membuahkan citra positif fashion muslimah Indonesia. Dapat terlihat dari hasil peningkatan ekspor fashion muslimah Indonesia. Sebelumnya di tahun 2014 ekspor fashion muslimah Indonesia mencapai US$ 7,18 milyar menjadi US$ 9,2 milyar di tahun 2019 Kata Kunci : Dian Pelangi, Nation Branding, Fashion Muslimah Indonesia. ABSTRACT THE ROLE OF DIAN PELANGI IN CONDUCTING MULTI TRACK DIPLOMACY AND NATION BRANDING OF INDONESIAN MUSLIMAH FASHIONS IN THE UNITED STATES OF AMERICA By VINI DWI AYU FAUZIAH Dian Pelangi is a well-known Indonesian designer who is involves in the Muslimah fashion business and has often performed at the international level to introduce and promote Muslimah fashion with Indonesian cultural elements. The purpose of this study is to explain the role of Indonesian Muslimah designers and especially Dian Pelangi in conducting business diplomacy, nation branding, and the image of Indonesian Muslimah fashion in the United States. This study uses a qualitative descriptive approach using secondary data.The data analysis technique uses qualitative data analysis techniques, namely by collecting data related to Dian Pelangi's performances in the United States and explaining it using the role theory, the concept of nation branding, and multi track business diplomacy.The results of the research show that Dian Pelangi has conducting multi-track business diplomacy in the form of performances that she does in the United States. Besides that, Dian's way of doing nation branding has also can be seen from the image of Indonesian Muslimah fashion that seems different when compared to other countries. But, Dian’s brand can not be said as representative of Indonesian Muslimah Fashion Wholly. On the other side, with the activeness of Indonesian designers, especially Dian Pelangi, in conducting fashion shows in the United States, this has resulted in a positive image of Indonesian Muslimah fashion. It can be seen from an increasing result of Indonesian Muslimah fashion export. Previously, in 2014, Indonesian Muslimah fashion exports reached US $ 7.18 billion to US $ 9.2 billion in 2019. Keywords: Dian Pelangi, Nation Branding, Indonesian Muslimah Fashion.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 12 May 2022 06:41
Terakhir diubah: 12 May 2022 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60958

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir