PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, ATIKA DISNA ANGGRAINI (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (233Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar Isi.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (870Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Utara, dengan menggunakan alat peraga sebagai salah satu alternatif yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Utara melalui penggunaan alat peraga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpul data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (59,34 %), siklus II (72,76 %), dan siklus III (81,97 %) sementara persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 10 siswa (52,63 %), siklus II sebanyak 14 siswa (73,68 %) pada siklus III sebanyak 18 siswa (94,74 %) dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (6,62), siklus II (7,06), dan siklus III (9,24). Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Utara. Kata kunci: alat peraga, aktivitas siswa, dan hasil be

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 22 Jan 2014 03:12
Terakhir diubah: 22 Jan 2014 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir