PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ATIKA NUR HIDAYATI, 1823053039 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atika Nur Hidayati.pdf

Download (258Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL TESIS - Atika Nur Hidayati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - Atika Nur Hidayati.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh ATIKA NUR HIDAYATI Masalah dalam penelitian dan pengembangan ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematika peserta didik, sulitnya peserta didik untuk menuliskan bentuk simbol-simbol matematika serta keterbatasan bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran di kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) pada materi bangun ruang sederhana yang valid digunakan, mengetahui kepraktisan LKPD dari pengguna yaitu pendidik dan peserta didik, serta mengetahui keefektifan LKPD yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika . Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada desain penelitian Borg and Gall. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 1 Semuli Raya. Hasil penelitian menyatakan bahwa produk LKPD berbasis model pembelajaran AIR yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dengan kategori “Sangat Valid”. LKPD berbasis model pembelajaran AIR praktis digunakan dengan memenuhi aspek kemenarikan, kemudahan dan bermanfaat dengan kategori “sangat praktis”. LKPD berbasis model pembelajaran AIR efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada skor pretest dan posttest dengan hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen masuk pada kategori cukup efektif. Kata Kunci : Komunikasi Matematika, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Model Pembelajaran AIR. ABSTRACT DEVELOPMENT OF LKPD BASED ON AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION LEARNING MODELS FOR IMPROVE COMMUNICATION ABILITY STUDENT MATHEMATICS FOR CLASS V STUDENTS ELEMENTARY SCHOOL By ATIKA NUR HIDAYATI The problems in this research and development are the low mathematical communication skills of students, the difficulty of students to write down the forms of mathematical symbols and the limitations of the teaching materials used during learning in grade V in Elementary Schools. This study aims to develop student worksheets (LKPD) on simple room building materials that are valid for use, to know the practicality of student worksheets, namely educators and students, and to determine the effectiveness of the developed LKPD on improv ing mathematical communication skills. The research and development method used in this study refers to the research design of Borg and Gall. The sample of this study were 25 students in the control class and 25 students in the experimental class at SDN 01 Semuli Raya. The results of the study stated that the LKPD products based on the AIR learning model were valid, practical, and effective to improve students' mathematical communication skills. This is evidenced by the results of the validation of material experts, media experts, and linguists with the "Very Valid" category. LKPD based on the AIR learning model is practically used by fulfilling the attractiveness, convenience and useful aspects of the "very practical" category. LKPD based on the AIR learning model is effectively used in improving the mathematics communication skills of students on the pretest and posttest scores with the results of the N-Gain calculation of the experimental class in the quite effective category. Keywords : AIR Learning Model; Mathematical Communication; Student Worksheets (LKPD)

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 May 2022 02:18
Terakhir diubah: 13 May 2022 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61036

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir