PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Ellen Kartika , NPM 1753022002 (2021) PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ELLEN.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL -ELEN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2689Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ELEN.pdf

Download (1524Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS Oleh ELLEN KARTIKA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran hukum newton tentang gerak terhadap higher order thinking skills. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Media online learning yang digunakan adalah google classsroom dan whatsapp. Google classsroom digunakan untuk diskusi kelompok besar dan whatsapp yang digunakan untuk diskusi kelompok kecil. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pringsewu pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 103 siswa yang berasal dari kelas X MIPA 5, X MIPA 6, dan X MIPA 7. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kondisi ketiga kelas memiliki kemampuan kognitif yang relatif sama. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test antara n-gain nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran online learning pada materi hukum newton tentang gerak memiliki pengaruh terhadap higher order thinking skills siswa yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan HOTS siswa dengan nilai signifiknsi sebesar 0,000 pada taraf kepercayaan 95% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,400 dengan peningkatan HOTS dalam kategori sedang. Kata Kunci : google classroom, higher order thinking skills, hukum newton, multi-stage discussion, whatsapp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 May 2022 07:44
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61072

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir