IQBAL MUHAMMAD SYAIFULLAH, 1713053032 (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
4. Abstrak_Iqbal Muhammad Syaifullah_PGSD_2017 - Iqbal MS1717.pdf Download (304Kb) | Preview |
|
File PDF
2. Skripsi Tanpa Lampiran_Iqbal Muhammad Syaifullah_PGSD_2017 - Iqbal MS1717.pdf Restricted to Hanya staf Download (1442Kb) |
||
|
File PDF
3. Skripsi Tampa Pembahasan dan Lampiran Q.pdf Download (1383Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Bumi Waras Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021 selama pembelajaran dalam jaringan. Peneliti menduga motivasi belajar dan disiplin belajar menjadi hal yang mempengaruhi dalam tercapainya hasil belajar yang baik bagi peserta didik selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar dan pengaruh antara motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan menggunakan metode ex post facto. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar ( ) ( ) dan hasil belajar (y). Populasi penelitian ini berjumlah 136 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu probability sampling menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner guna pengumpulan data jawaban peserta didik dan dokumentasi guna memperoleh data hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 62,7%, disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 37,3% dan secara simultan motivasi belajar serta disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 65,6%. Kata kunci: disiplin, hasil belajar, matematika SD, motivasi The problem of this research was the low mathematics learning outcomes of fourth grade students of Gugus Bumi Waras Bandar Lampung Elementary School for the 2020/2021 academic year during online learning. The researcher hypothesized that learning motivation and discipline are factors that influence students' ability to obtain high learning outcomes during online learning. The objective of this research was to determine the effect of learning motivation on learning outcomes, the influence of learning discipline on learning outcomes, and the influence of motivation and learning discipline on learning outcomes during online learning. This research was a quantitative research with ex post facto method. The variables studied were learning motivation ( ), learning discipline ( ) and learning outcomes (y). The population of this research amounted to 136 students. The sampling technique used was probability sampling using a simple random sampling technique with the outcomes of 58 students. The data collection technique used was a questionnaire to collect data on student answers and documentation in order to obtain data on learning outcomes. The data analysis techniques used was multiple linear regression test. The outcomes of this research indicated that there was an influence between learning motivation on learning outcomes of 62.7%, learning discipline on learning outcomes of 37.3%, and simultaneously learning motivation and learning discipline on mathematics learning outcomes of 65.6%. Keywords: discipline, learning outcomes, mathematics for elementary school, motivation.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 17 May 2022 08:09 |
Terakhir diubah: | 17 May 2022 08:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61165 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |