PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BARADATU PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Novita Ristiani, 1763024001 (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BARADATU PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK FIX - Novita Ristiani.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
COVER-DAPUS-NOVITA RISTIANI-1763024001 - Novita Ristiani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3939Kb)
[img]
Preview
File PDF
COVER-DAPUS (TANPA BAB 4) - NOVITA RISTIANI - Novita Ristiani.pdf

Download (3326Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantu Edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Baradatu pada materi pokok ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy experiment dengan teknik Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain sebagai hasil peningkatan kemampuan Literasi Sains peserta didik dianalisis dengan uji Independen Sample t-test. Angket tanggapan peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t-test Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,005 yang berarti model discovery learning berbantu Edmodo berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains. Selain itu, hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap Edmodo memiliki kriteria tanggapan yang baik dan hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memiliki kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantu Edmodo berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ekosistem. Kata Kunci : Discovery Learning, Edmodo, Literasi Sains, Ekosistem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 May 2022 00:49
Terakhir diubah: 19 May 2022 00:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61306

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir