PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK

RIZKI EKA SHINTYA, 1713022017 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Kak Dan (13).pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Kak Dan (13).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Kak Dan (13).pdf

Download (2445Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika berbasis proyek yang valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 7 langkah pengembangan mengadaptasi dari Borg & Gall (1989) yang meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan dan revisi produk operasional. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi dan bahasa, hasil validasi ahli instrumen penilaian sebesar 87,85% dengan kategori sangat valid sehingga instrumen penilaian layak untuk digunakan. Hasil uji coba lapangan pada 64 siswa dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.5.1. Hasil analisis data uji coba diperoleh 21 butir soal instrumen kemampuan kolaborasi dan 19 butir soal instrumen kemampuan pemecahan masalah dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah juga dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,97 dan 0,89 dengan kategori reliabilitas bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah memperoleh rata-rata skor penilaian kepraktisan sebesar 81,21 dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Produk akhir instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel dan praktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, Kemampuan kolaborasi, Kemampuan pemecahan masalah, Project based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 19 May 2022 02:01
Terakhir diubah: 19 May 2022 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61330

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir