PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS REPRESENTASI JAMAK TERINTEGRASI PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Adeliya Ayu Anggraeni, 1923022004 (2021) PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS REPRESENTASI JAMAK TERINTEGRASI PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK ADELIYA - Adeliya Anggraini.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
Adeliya Ayu Anggraeni_BAB 1-5 - Adeliya Anggraini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2546Kb)
[img]
Preview
File PDF
Adeliya Ayu Anggraeni_tanpa bab 4 - Adeliya Anggraini.pdf

Download (1954Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS REPRESENTASI JAMAK TERINTEGRASI PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA Oleh ADELIYA AYU ANGGRAENI Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS dengan pendekatan STEM terintegrasi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah fisika yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian menggunakan desain research and development (R&D) model Borg & Gall. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan LKS, angket respon peserta didik dan keterlaksanaan LKS untuk mengetahui kepraktisan LKS dan tes berupa soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui keefektifan LKS. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: LKS hasil pengembangan dinyatakan valid oleh ketiga ahli dengan rata- rata kevalidan isi 3,65 dan konstruk 3,7. Berdasarkan uji lapangan LKS dinyatakan praktis yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan sebesar 3,5 dan respon respon peserta didik sebesar 90%. Dan efektif yang ditunjukkan dengan ngain kemampuan berpikir tingkat tinggi rata rata 0,57 Dan kemampuan pemecahan masalah rata-rata 0,56. Sehingga LKS dengan pendekatan STEM berbasis representasi jamak terintegrasi pembelajaran abad 21 yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kata kunci : LKS, STEM, Kemampuan Berpikir tingkat tinggi, Pemecahan masalah ABSTRACT THE DEVELOPMENT OF WORKSHEET WITH STEM APPROCH BASED ON MULTIPLE REPRESENTATION INTEGRATED 21 ST CENTURY LEARNING TO INCREASE HIGH ORDER THINKING SKILL AND PROBLEM SOLVING ABILITY By : Adeliya Ayu Anggraeni This study aims to develop worksheet with an integrated STEM approach to 21st century learning to improve higher order thinking skills and physics problem solving that are valid, practical and effective. The research method uses the research and development (R&D) model of the Borg & Gall. The instrument used was a non-test instrument in the form of expert validation sheets to determine the validity of the worksheet, student response questionnaires and the implementation of LKS to determine the practicality of the worksheet and tests in the form of questions of higher-order thinking skills and problem solving skills to determine the effectiveness of the worksheet. The results of the research and development showed that: The developed worksheets were declared valid by the three experts with an average content validity of 3.65 and constructs of 3.7. Based on the worksheet field test, it was declared practical as indicated by the implementation of 3.5 and the response of the students' responses by 90%. And effective as indicated by the n-gain of higher order thinking ability on average 0.57 and problem solving ability on average 0.56. So that the worksheet with the STEM approach based on the integrated plural representation of 21st century learning developed is declared valid, practical and effective. Keywords: Worksheet, STEM, higher order thinking skills, problem solving

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 23 May 2022 01:09
Terakhir diubah: 23 May 2022 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61551

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir