NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK CAHAYA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Iftita Nivi Ananda, 1753041005 (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SI ANAK CAHAYA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing (7).pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing (8).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3351Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing (7).pdf

Download (3353Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye, dan (2) implikasi penelitian dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Fokus penelitian ini pada pendidikan karakter yang berbentuk nilai-nilai kebaikan dan implikasi berupa skenario pembelajaran di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik catat sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, paragraf, dan peristiwa yang mengandung informasi mengenai nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat 5 nilai pendidikan karakter pada novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Nilai tersebut ialah nilai religius yang ditemukan sebanyak 7 data, nilai nasionalis yang ditemukan sebanyak 5 data, nilai mandiri yang ditemukan sebanyak 15 data, nilai gotong royong yang ditemukan sebanyak 13 data, dan nilai integritas sebanyak 10 data. (2) Hasil penelitian ini diimplikasikan ke dalam skenario pembelajaran pada KD 3.7 menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) baik secara lisan maupun tulis, dan KD 4.7 menyusun laporan hasil diskusi buku tentang suatu topik baik secara lisan maupun tulis. Kata kunci: Nilai pendidikan karakter, novel Si Anak Cahaya, pembelajaran sastra di SMA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 23 May 2022 07:37
Terakhir diubah: 23 May 2022 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61652

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir