PENGEMBANGAN BUKU AJAR SEJARAH LOKAL TULANG BAWANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KESEJARAHAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DENTE TELADAS

IKE WAHYUNI, 1823031015 (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SEJARAH LOKAL TULANG BAWANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KESEJARAHAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DENTE TELADAS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ike Wahyuni.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Ike Wahyuni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3880Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Ike Wahyuni.pdf

Download (2768Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil direct teaching (pembelajaran langsung) dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dente Teladas keterampilan berpikir kesejarahan peserta didik masih kurang dan guru telah menyampaikan peristiwa sejarah lokal di Tulang Bawang selama proses pembelajaran, akan tetapi belum dikemas dalam sebuah bahan ajar yang menarik dan sistematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar sejarah Lokal Tulang Bawang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kesejarahan peserta didik kelas XI IPS. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Langkah model tersebut meliputi 5 tahap, yaitu: (1)Analysis; (2)Design; (3) Development; (4)Implementation; (5) Evaluation. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi ajar, ahli media pembelajaran, dan uji coba kelompok kecil melibatkan 6 peserta didik. dan uji coba lapangan dilakukan di kelas XI IPS 1 sebagai kelas yang diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Upaya mengetahui efektifitas produk, dilakukan dengan cara membandingkan keterampilan berpikir kesejarahan peserta didik kelas XI IPS sebelum dan setelah menggunakan buku ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian mendapatkan 1) buku ajar sejarah lokal Tulang Bawang dikembangkan dengan menggunakan desain model ADDIE. 2) buku ajar sejarah lokal Tulang Bawang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kesejarahan, setelah menggunakan produk pengembangan dengan perbedaan hasil belajar sebesar 0,50 dengan kriteria sedang yang berarti bahwa produk pengembangan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kesejarahan peserta didik. 3) Kegiatan pembelajaran kelas XI IPS 1 yang menggunakan buku ajar sejarah lokal Tulang Bawang lebih efektif dibandingkan kelas XI IPS 2 yang tidak menggunakan buku ajar sejarah lokal Tulang Bawang. Kata Kunci :Buku Ajar, Sejarah Lokal Tulang Bawang, Keterampilan Berpikir Kesejarahan Based on the results of direct teaching (direct learning) and observations of the implementation of history learning in class XI IPS SMA Negeri 1 Dente Teladas, students' historical thinking skills are still lacking and the teacher has conveyed local historical events in Tulang Bawang during the learning process, but it has not been packaged in a material. interesting and systematic teaching. Therefore, This study aims to develop a local history textbook of Tulang Bawang to improve the historical thinking skills of class XI IPS students. The type of research is development research. The development design using the ADDIE model includes, which consists of 5 stages, namely: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. The trial subjects consisted of expert trials consisting of material experts, media experts, and small group trials involving 6 students. and field trials were carried out in class XI IPS 1 as a treated class. Data collection technique used questionnaires, observation, and interviews. Data analysed used qualitative and quantitative method. This research showed of the effectiveness of the product, it was done by comparing the historical thinking skills of class XI IPS students before and after using the textbooks developed. The research results obtained The local history textbook of Tulang Bawang was developed using the ADDIE model design. 2) the local history textbook of Tulang Bawang is able to improve historical thinking skills, after using development products with a difference in learning outcomes of 0.50 with the criteria medium which means that the product development is effective in improving students' historical thinking skills. 3) The learning activities of class XI IPS 1 which used the Tulang Bawang local history textbook were more effective than the XI IPS 2 class which did not use the Tulang Bawang local history textbook. Keywords: Local history of Tulang Bawang, Textbook, Historical Thinking Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 24 May 2022 03:48
Terakhir diubah: 24 May 2022 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61705

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir