ANALISIS KEPERCAYAAN (TRUST) DALAM PEMBELIAN DI TOKO ONLINE

ELIS FEBRIANI JESICA, 1716011017 (2022) ANALISIS KEPERCAYAAN (TRUST) DALAM PEMBELIAN DI TOKO ONLINE. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3493Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3310Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kepercayaan (trust) konsumen yang melakukan pembelian secara online (2) memperoleh gambaran dari sebabsebab konsumen memutuskan untuk melakukan belanja online, dan (3) perubahan yang terjadi pada kepercayaan (trust) konsumen setelah adanya trend belanja online. Penelitian ini dilakukan kepada netizen, khususnya masyarakat perkotaan sebagai konsumen belanja secara online yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian diolah dengan mereduksi dan menyajikan data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belanja online dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu adanya kepercayaan (trust) terhadap e-commerce, adanya kemudahan dalam berbelanja online, kualitas informasi produk, kualitas toko, serta jaminan keamanan dalam bertransaksi. Proses terbentuknya trust dalam belanja online disebabkan karena adanya nilai dan norma yang diberikan oleh toko online kepada konsumen, seperti kejelasan alamat, kejelasan produk, kejujuran dalam memberikan informasi produk, dan memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Trend belanja online dapat berdampak terhadap perubahan trust dalam aktivitas belanja, yaitu trust pada pembelian online tidak hanya menyangkut hubungan antara penjual dengan pembeli saja, tetapi juga berkaitan dengan dunia digital, sehingga trust dalam e-commerce berbeda dengan trust tradisional karena melibatkan teknologi, aspek privasi, sistem pembayaran yang beragam, serta ketersediaan infrastruktur e-bisnis. Kata Kunci: Toko Online, Belanja Online, E-Commerce, Kepercayaan/Trust.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203286188 . Digilib
Date Deposited: 24 May 2022 06:56
Terakhir diubah: 24 May 2022 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61734

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir