AUGMENTED REALITY TRACKINGUNTUK SISTEM PENGENALAN BERBASIS IMAGE MARKER UNTUK SISTEM PENGENALAN BUKU DI PERPUSTAKAAN

Fitriani, 1615061021 (2021) AUGMENTED REALITY TRACKINGUNTUK SISTEM PENGENALAN BERBASIS IMAGE MARKER UNTUK SISTEM PENGENALAN BUKU DI PERPUSTAKAAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Fitriani - Fitriani.pdf

Download (349Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi_Full_Fitriani - Fitriani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi_Full_Tanpa_Pembahasan_Fitriani - Fitriani.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Buku merupakan koleksi literatur terbanyak di perpustakaan, sehingga perpustakaan memerlukan sistem katalog yang memuat informasi buku. Sistem katalog di perpustakaan saat ini masih memerlukan usaha agar mudah dipahami pemustaka. Augmented Reality dengan teknologi Image Marker Tracking memungkinkan pemustaka untuk mengetahui informasi buku dengan memindai sampul buku melalui kamera browser pada smartphone. Pengembangan aplikasi menggunakan software ar.js, a-frame, XAMPP, dan metode Kanban sebagai metode pengembangan sistem. Metode Kanban terdiri dari tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, evaluasi, dan pelaporan. Aplikasi pengenalan sampul buku menggunakan metode Kanban dengan 3 user story dan 2 fitur dengan 4 backlog yang dipecah menjadi 12 work items termasuk arsip. Pengujian sistem menggunakan black box testing dilakukan pada marker NFT dan custom marker dengan hasil tidak sesuai pada marker NFT dan sesuai pada custom marker. Pengujian sistem menggunakan UAT dilakukan pada keseluruhan sistem menggunakan custom marker melalui survey kuisioner kepada 102 orang mahasiswa Universitas Lampung dengan hasil keseluruhan sangat baik sebesar 53,35%, baik sebesar 43,63%, dan tidak baik sebesar 3,02%. Secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan aplikasi pengenalan buku AR yang dapat menampilkan informasi buku melalui pemindaian custom marker (image marker dengan black border) yang dapat diakses melalui web browser pada smartphone. Kata kunci: buku, augmented reality, image marker, natural feature tracking, custom marker, kanban, uat Books are the largest collection in the library, it requires a catalogue system that contains information about the books. The catalogue system in the library nowadays still takes efforts of the user to understand. Augmented Reality with the Image Marker Tracking technology allows user to know information about the books by scanning the book cover via browser camera on the smartphone. The application developed using software ar.js, a-frame, XAMPP, and Kanban method as the development method. Kanban method consists of several stages, like planning, analysis, design, implementation, evaluation, and report. The cover book recognition application used a Kanban method with 3 user stories and 2 features with 4 backlogs that generated 12 work items, including archives. The system was tested using black-box testing on the NFT marker and custom marker by the result unsuitable on the NFT marker and suitable on the custom marker. The overall system testing on custom marker used UAT via a questionnaire survey to 102 students of Lampung University with the overall result, very good at 53,35%, good at 43,63%, and not good at 3,02%. Overall, this research produced an AR book recognition application which able to show the information about the books by scanning the custom marker (image marker with black border) which can be accessed via web browser on the smartphone. Keywords: book, augmented reality, image marker, natural feature tracking, custom marker, kanban, uat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 27 May 2022 07:56
Terakhir diubah: 27 May 2022 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61944

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir