RIZKHI APRILIAN, 1716031018 (2021) PENGARUH TAYANGAN VIDEO #GLOWUPCHALLENGE PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP SELF-CONFIDENCE REMAJA (Studi pada Siswa SMA Negeri 1 Metro). Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK RIZKHI APRILIAN 1716031018 - Rizkhi Aprilian.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI RIZKHI APRILIAN 1716031018 - Rizkhi Aprilian.pdf Restricted to Hanya staf Download (3074Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN RIZKHI APRILIAN 1716031018 - Rizkhi Aprilian.pdf Download (2650Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
TikTok merupakan media sosial yang cukup populer belakangan ini. Aplikasi TikTok dapat digunakan oleh penggunanya (user) untuk melihat hiburan ataupun membuat sebuah video pendek berdurasi 15 detik hingga 3 menit. Para pengguna TikTok berusaha menyajikan konten yang menghibur, kreatif, dan dapat menarik khalayak ramai. Sehingganya isi konten dalam platform ini pun beragam, mulai dari konten edukasi, dance cover, lipsync, tutorial, DIY-Life Hacks, kecantikan, hingga tren video challanges TikTok. Salah satu konten video challenges adalah #Glowupchallenge. Adanya terpaan tayangan #glowupchallenge pada aplikasi TikTok memungkinkan pengguna khususnya remaja terpengaruh oleh tujuan dari video tersebut. Salah satu pengaruhnya adalah kepercayan diri batin dalam diri remaja. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan #glowupchallenge pada aplikasi TikTok terhadap self-confidence remaja (survei pada Siswa SMA Negeri 1 Metro). Teori yang digunakan adalah teori uses and effect dan teori participatory media culture. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel berjumlah 90 responden yang ditentukan dengan Rumus Slovin. Berdasarkan perhitungan dengan uji T menyatakan variabel X berpengaruh sebesar 51,7% terhadap variabel Y, sedangkan sisanya 48,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hipotesis yang diajukan diterima dengan dibuktikan nilai T hitung =9,700 > T tabel =1,662. Indikator dalam terpaan tayangan #glowupchallenge yang paling berpengaruh adalah isi media sedangkan indikator yang paling besar mempengaruhi self-confidence dalam aspek rasional dan realistis. Kata kunci: Terpaan Media, TikTok, #Glowupchallenge, Self-Confidence, Remaja TikTok is a social media that is quite popular these days. TikTok can be used by its users to watch entertainment or make short videos that are 15 seconds to 3 minutes long. TikTok users tries to make an entertaining and creative content to get more audience. As a result, we can find a lot of types of content on this platform, ranging from educational content, dance covers, lipsyncs, tutorials, DIY-Life Hacks, beauty, to challenges videos. One of the challenges content is #Glowupchallenge. With a certain exposure of #glowupchallange, users especially teenagers tend to get the effects from the video. One of the effects is qualities of inner confidence on teenagers. This study aims to determine the effect of exposure to the #glowupchallenge videos on TikTok on self-confidence in teenagers (a survey of students at SMA Negeri 1 Metro). Researchers determine a theory that is in accordance with the phenomenon namely the Uses and Effect, and Participatory Media Culture theory. This study uses a survey method. The sample in this study is at least 90 people who are determined by the Slovin formula. Based on calculations using the T test, it can be seen that the X variable has an effect of 51.7% on the Y variable, while the remaining 43.8% is influenced by other factors that are not examined in this study. The hypothesis is accepted proven by T count = 9,700 > T table = 1,662. The most influential indicator in #glowupchallenge videos is media content, while the indicator that has the biggest influence on self-confidence is rational and realistic. Keywords: Media Exposure, TikTok, #Glowupchallenge, Self-Confidence, Teenagers
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 30 May 2022 00:58 |
Terakhir diubah: | 30 May 2022 00:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62029 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |