ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA KONSEP ALJABAR BERDASARKAN SOAL TIMSS DI MTs MATHLA’UL ANWAR KEDONDONG (Studi Pada Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Kedondong Tahun Pelajaran 2020/2021)

M. ZULHIYANDI YUSUF, 1613021040 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA KONSEP ALJABAR BERDASARKAN SOAL TIMSS DI MTs MATHLA’UL ANWAR KEDONDONG (Studi Pada Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Kedondong Tahun Pelajaran 2020/2021). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - Zulhiyandi Yusuf.pdf

Download (335Kb) | Preview
[img] FIle PDF
fixx DRAF_(1613021040)_M. ZULHIYANDI YUSUF - Zulhiyandi Yusuf.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1914Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
fixx DRAF_(1613021040)_M. ZULHIYANDI YUSUF tanpa pembahasan - Zulhiyandi Yusuf.pdf

Download (1449Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa MTs Matlau’ul Anwar Kedondong dalam menyelesaikan soal konsep aljabar yang diadaptasi dari TIMSS. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A MTs Matlau’ul Anwar Kedondong yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Seluruh hasil tes atau jawaban siswa di analisis terkait kesalahan matematika yang dilakukan siswa berdasarkan empat aspek kemampuan literasi matematis siswa yaitu aspek pengetahuan, penerapan, penalaran, dan komunikasi. Kemudian, untuk analisis lebih lanjut terkait kesalahan matematika siswa, maka dipilih 2 siswa dengan skor terendah yang mewakili kesalahan matematika berdasarkan empat aspek kemampuan literasi matematis siswa tersebut untuk di wawancara. iii Teknik analisis data tersebut dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang telah dikumpulkan, kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII-A MTs Matlau’ul Anwar Kedondong termasuk dalam kategori sedang yaitu dengan skor rata-rata nilai 62,38 dalam skala 100. Kemudian dari keempat aspek kemampuan literasi matematis tersebut, siswa tinggi dalam menyelesaikan soal pada aspek pengetahuan dan rendah dalam menyelesaikan soal pada aspek penalaran. Ditinjau dari kesalahan matematika yang dilakukan siswa, dapat disimpulkan bahwa siswa lebih dominan melakukan kesalahan tidak meninjau kembali jawaban. Hal tersebut menyebabkan prosedur ataupun selesaian dari permasalahan tidak tepat atau salah. Kata kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Konsep Aljabar, Soal TIMSS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 04:52
Terakhir diubah: 30 May 2022 04:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62096

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir