STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM RAS PETELUR TANPA ANTIBIOTIC GROWTH PROMOTER (AGP) DENGAN PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Pada Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm)

Aldi Krisnanda, 1646051026 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AYAM RAS PETELUR TANPA ANTIBIOTIC GROWTH PROMOTER (AGP) DENGAN PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Pada Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital (23).pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital (62).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital (62).pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis yang sedang dijalankan oleh Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm dan mengetahui alternatif strategi bisnis menggunakan pendekatan SWOT yang tepat untuk diterapkan Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm di desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menghasilkan manfaat bagi para peternak ayam ras petelur dengan menerapkan metode beternak tanpa antibiotic growth promotor (AGP) dengan mengganti fungsi AGP tersebut menggunakan tanaman obat yang lebih murah dan tidak memiliki efek samping terhadap hasil produksi. Hasil penelitian dari identifikasi Business Model Canvas ini dapat memberikan pilihan strategi bisnis yang tepat untuk Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm dimasing-masing elemen. Elemen customer segment adalah masyarakat umum dan pengepul. Elemen value proposition mengutamakan kualitas produk, lokasi mudah diakses dan kenyamanan pelayanan. Elemen channel adalah promosi dari mulut ke mulut, distribusi langsung, dan komunikasi via telepon. Elemen customer relationship yaitu meberikan pelayanan berupa bantuan personal. Elemen revenue streams yaitu penjualan telur ayam dan penjualan ayam afkir. Elemen key resources yaitu berupa sumber daya fisik, sumber daya finansial dan sumber daya manusia. Elemen key activities berupa produksi dan penjualan. Elemen key partnership adalah pemasok dan konsumen. Elemen cost structure berupa biaya bangunan, biaya bahan baku, dan biaya tenaga kerja. Hasil dari analisis SWOT menunjukkan strategi yang tepat untuk Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm adalah strategi strength- threats(ST). Kata kunci: Business Model Canvas, Peternakan Ayam Ras Petelur MM Farm The purpose of this study was to ascertain the business model utilized by MM Layer Chicken Farm and to develop alternative business strategies utilizing the appropriate SWOT analysis at MM Layer Chicken Farm. This study employed a descriptive method with a qualitative approach. This study was conducted at the MM Layer Chicken Farm in Purwodadi Dalam village, Tanjung Sari district, South Lampung regency. The data for this study were gathered through observation, interviews, and documentation. This study benefits layer chicken farmers by demonstrating how to raise livestock without using antibiotic growth promoters (AGPs) by substituting them with medicinal plants that are less expensive and have no adverse effects on production results. The research findings from the Business Model Canvas identification process can be used to develop the optimal business strategy for MM Layer Chicken Farm in each element. The customer element segment is made up of the general public and collectors. The value proposition element prioritizes product quality, ease of access, and service convenience. Word of mouth, direct distribution, and telephone communication are all elements of the channel. The customer relationship element is to provide personal assistance. The revenue stream elements include the sale of chicken eggs and the sale of rejected chickens. Physical resources, financial resources, and human resources are all elements of key resources. Key activities elements are production and sales. Suppliers and consumers are key partnership elements. Cost structure elements are construction costs, raw material costs, and labor costs. The SWOT analysis reveals that the strength-threats (ST) strategy is the best fit for MM Layer Chicken Farm. Keywords: Business Model Canvas, MM Layer Chicken Farm

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 31 May 2022 02:28
Terakhir diubah: 31 May 2022 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir