PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATERI TEKANAN OSMOTIK UNTUK PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19

DWI REXANA PUTRI, 1713023044 (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATERI TEKANAN OSMOTIK UNTUK PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak_Dwi Rexana Putri_1713023044 - dwi rexana.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi Full_Dwi Rexana Putri_1713023044 - dwi rexana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2345Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Dwi Rexana Putri_1713023044 - dwi rexana.pdf

Download (1373Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada Desember 2019, terdapat wabah virus yang menggemparkan dunia yang dikenal dengan sebutan Covid-19 (Corona Virus Disease). Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, pemerintah membuat kebijakan Work From Home (WFH). Adanya kebijakan WFH ini berdampak pada bidang pendidikan yaitu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan secara tatap muka diubah menjadi secara daring. Pembelajaran secara daring pada mata pelajaran kimia khususnya materi tekanan osmotik masih sedikit akan sumber belajar, hal ini dibuktikan dengan analisis kebutuhan yaitu 100% guru serta 98,08% siswa menyatakan perlu dikembangkannya e-book pada materi tekanan osmotik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan tujuan penelitian untuk mengembangkan e-book pada materi tekanan osmotik, untuk mendeskripsikan validitas, tanggapan guru, serta tanggapan siswa terhadap e-book pada materi tekanan osmotik yang dikembangkan. Hasil validasi ahli terhadap e-book pada materi tekanan osmotik yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi materi, aspek keterbacaan, serta aspek kemenarikan memperoleh kriteria tinggi dan dapat dikatakan valid. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi materi, aspek keterbacaan, serta aspek kemenarikan memperoleh kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap pada aspek keterbacaan dan aspek kemenarikan memperoleh kriteria sangat tinggi. Kata kunci : Covid-19, Corona Virus Disease, e-book, tekanan osmotik In December 2019, there was an outbreak of a virus that shocked the world known as Covid-19 (Corona Virus Disease). To prevent the spread of Covid-19 in Indonesia, the government made apolicy Work From Home (WFH). The existence of this WFH policy has an impact on the education sector, namely the implementation of teaching and learning activities which were originally carried out face-to-face to be changed online. Online learning in chemistry subjects, especially osmotic pressure material, is still a little source of learning, this is evidenced by a needs analysis, namely 100% of teachers and 98.08% of students stated the need to develop an e-book on osmotic pressure material. The research method used in this study is Research and Development with the aim of research to develop an e-book on osmotic pressure material, to describe the validity, teacher responses, and student responses to e-books on the developed osmotic pressure material.The results of expert validation of e-books on osmotic pressure material developed on aspects of the suitability of the content of the material, readability aspects, and attractiveness aspects obtained high criteria and can be said to be valid. The results of the teacher's responses on the aspects of the suitability of the material content, aspects of readability, and aspects of attractiveness obtained very high criteria. The results of students' responses to the readability aspect and the attractiveness aspect obtained very high criteria. Keywords : Covid-19, Corona Virus Disease, e-book, osmotic pressure

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 31 May 2022 02:37
Terakhir diubah: 31 May 2022 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62222

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir