TUNDAAN PADA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN GAP ACCEPTANCE(Studi Kasus Jalan Urip Sumaharjo – Jalan Arif Rahman Hakim)

NINDYA NAFISAH ELDI PUTRI, 1755011007 (2022) TUNDAAN PADA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN GAP ACCEPTANCE(Studi Kasus Jalan Urip Sumaharjo – Jalan Arif Rahman Hakim). Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (190Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan kemacetan yang terjadi di persimpangan biasanya disebabkan oleh volume lalu lintas yang besar. Persimpangan bersinyal di ruas Jalan Urip Sumaharjo – Jalan Arif Rahman Hakim termasuk kawasan yang cukup ramai dan memiliki volume lalu lintas yang besar sehingga, pada periode hijau efektif masih sering terjadi konflik persilangan lalu lintas pada simpang bersinyal tersebut.Kejadian konflik persilangan tersebut diakibatkan oleh kendaraan pada fase hijau yang seharusnya bejalan harus berhenti untuk menunggu kendaraan yang masih terjadi antrian pada fase hijau sebelumnya. Hal ini mengakibatkan kendaraan yang akan menuju Jalan Urip Sumaharjo dan Jalan Arif Rahman Hakim sering kali tertahan akibat konflik di simpang bersinyal tersebut sehingga pada fase hijau berikutnya masih adanya sisa kendaraan yang mengakibatkan tidak adanya gap(celah) antara kendaraan untuk bergabung dan menyeberang ke dalam arus lalu lintas dan menyebabkan tundaan pada simpang bersinyal tersebut.Fenomena ini biasanya terjadi di selang waktu hijau efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa besar tundaan simpang bersinyal Jalan Urip Sumaharjo – Jalan Arif Rahman Hakim pada selang waktu hijau efektif. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode Gap Acceptance untuk menghitung banyaknya jumlah gap dan tundaan pada ruas jalan tersebut. Dari hasil analisis pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata tundaan di pagi hari sebesar 5,96 detik dan sore hari sebesar 10,87 detik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2203662251 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:29
Terakhir diubah: 03 Jun 2022 02:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir