HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 JATIMULYO TAHUN AJARAN 2020/2021

Esta Prabawati, 1713053011 (2021) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 JATIMULYO TAHUN AJARAN 2020/2021. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Esta Prabawati.pdf

Download (878Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Esta Prabawati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1995Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Esta Prabawati.pdf

Download (2025Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar Matematika peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget (smartphone) dengan hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang menggunakan gadget (smartphone) dengan intensitas tinggi yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Uji prasyarat instrumen angket menggunakan uji validitas expert judgement (penelitian ahli), dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas dan reliabilitas terdapat sebanyak 24 pernyataan yang dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji hipotesis rhitung > rtabel 0,670 > 0,355 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget (smartphone) dengan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SD Negeri 3 Jatimulyo Tahun Ajaran 2020/2021 dengan kriteria kuat. Kata kunci: hasil belajar matematika, intensitas penggunaan gadget (smartphone). The problem of the research was the Mathematics learning outcomes of students that is still low.The aim of the research was to know the relationship between the intensity of the use of gadgets (smartphones) and their mathematics learning outcomes. The type of research used is quantitative research with a correlational research design. The population in this study is class V students who use gadgets (smartphones) with high intensity, totaling 31 students. The sampling technique used was saturated sampling, meaning that all the population was used as the research sample. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is product moment correlation. The researcher used the prerequisite test of the questionnaire instrument, namely the validity test of the expert assessment, and the reliability test. The results of the validity and reliability test contained 24 statements which were declared valid and reliable. The results of hypothesis testing rcount > rtable 0.670 > 0.355 means that Ha is accepted and Ho is rejected. The results showed that there was a significant relationship between the intensity of using gadgets (smartphones) and the mathematics learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 3 Jatimulyo for the 2020/2021 academic year with strong criteria. Key words: mathematics learning outcomes, smartphone usage intensity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:35
Terakhir diubah: 03 Jun 2022 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62482

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir