PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Angga Prayoga, 1723025015 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
TESIS ANGGA Abstarct - OTAK BIRU.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS ANGGA COVER s.d. DAPUS - OTAK BIRU.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3537Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS ANGGA TANPA PEMBAHASAN -ADA KESIMPULAN DAN DAPUS - OTAK BIRU.pdf

Download (3432Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujun untuk menghasilkan LKPD berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) untuk meningkatkan keterampilan kreatif peserta didik. Prosedur penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan tiga langkah sederhana, yaitu: (1) tahap pendahuluan, (2) perancangan dan pengembangan produk, dan (3) pengujian produk. Tahap pendahuluan menghasilkan data potensi dan masalah di sekolah yang menunjukkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berbentuk LKPD. Tahap perancangan dan pengembangan menghasilkan berupa LKPD ADI dengan nilai validitas 76%. Tahap pengujian produk dilakukan pada siswa kelas IX SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung melalui ujicoba terbatas dan uji coba utama. Teknik analisis data keefektifan n-gain analysis. Hasil ujicoba terbatas yang dilakukan pada 10 siswa menunjukkan produk praktis dan efektif untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran menggunakan produk hasil pengembangan sebesar 86% (sangat tinggi), respon siswa siswa rata-rata 88% (sangat baik), respon keterbacaan 88% (sangat baik), dan hasil analisis n-gain menunjukkan nilai sebesar 0,68 (sedang). Hasil ujicoba lapangan utama juga menunjukkan bahwa bahwa produk praktis digunakan dengan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89% dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa yang ditunjukkan oleh (1) hasil analisis gain ternoramalisasi (g) di kelas eksperimen (g = 0,68) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (g = 0,27), (2) hasil analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kreatif siswa (p < 0.05) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti menyarankan LKPD ADI tidak hanya diterapkan untuk materi Pewarisan Sifat, namun dapat diterapkan pada materi lainnya. Kata kunci: ADI, LKPD, keterampilan berpikir kreatif. This study aims to produce Worksheet based on Argument Driven Inquiry (ADI) to improve students' creative skills. The research procedure uses Research and Development (R&D) with three simple steps, namely: (1) preliminary stage, (2) product design and development, and (3) product testing. The preliminary stage produces data on potential and problems in schools which indicate that it is necessary to develop teaching materials in the form of LKPD. The design and development stage resulted in an ADI Worksheet with a validity value of 76%. The product testing phase was carried out on class IX students of Ar Raihan Junior High School Bandar Lampung through limited trials and main trials. Data analysis technique is the effectiveness of n-gain analysis. The results of a limited trial conducted on 10 students showed that the product was practical and effective to use. This is indicated by the average value of the implementation of learning using the product development results of 86% (very high), the average student response of 88% (very good), the readability response of 88% (very good), and the results of the n-gain analysis. shows a value of 0.68 (medium). The results of the main field trial also show that the practical product is used with the implementation of learning reaching 89% and is effective in growing students' creative thinking skills as indicated by (1) the results of the normalized gain analysis (g) in the experimental class (g = 0.68) are higher compared to the control class (g = 0.27), (2) the results of the paired sample t-test analysis showed that there was a significant difference in the average test results of students' creative thinking skills (p < 0.05) between the experimental class and the control class. The researcher suggests that ADI's Worksheet is not only applied to Inherited Traits, but can be applied to other materials Keywords: ADI, Worksheet, Creative Thinking Skills.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:27
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62607

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir