PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI

Dinda, dindajda123@gmail.com (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Dnddinda Dnddinda.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL DINDA - Dnddinda Dnddinda.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB TAMPA PEMBAHASAN DINDA - Dnddinda Dnddinda.pdf

Download (3868Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika peserta didik kelas V SD/MI. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti enam tahap metode Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA MIN 3 Metro sebanyak 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tahapan pengembangan ini yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan produk awal, revisi produk, dan uji lapangan. Penelitian ini menghasilkan produk LKPD berbasis PBL pada materi kecepatan dan debit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik untuk aspek memahami masalah berada pada kualifikasi sangat baik, aspek membuat rencana pemecahan masalah berada pada kualifikasi baik, aspek melaksanakan rencana pemecahan masalah berada pada kualifikasi baik dan aspek menafsirkan hasil berada pada kualifikasi cukup. Efektivitas LKPD berbasis PBL sebesar 0,63 (sedang) sehingga LKPD efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah The purpose of this research and development is to develop PBL-based worksheets to improve problem-solving skills in mathematics learning for fifth grade elementary/MI students. This research and development follows the six stages of the Borg and Gall method. The subjects of this study were all 25 students of class VA MIN 3 Metro. The research data were obtained through observation, questionnaires, documentation, and learning outcomes tests. The stages of this development are research and information gathering, planning, initial product development, initial product field testing, product revision, and field testing. This research produces PBL-based LKPD products on velocity and discharge materials. The results showed that the problem-solving ability of students for the aspect of understanding the problem was in very good qualification, the aspect of making a problem-solving plan was in good qualification, the aspect of implementing the problem-solving plan was in good qualification and the aspect of interpreting the results was in sufficient qualification. The effectiveness of the PBL-based LKPD is 0.63 (medium) so that the LKPD is effective in improving students' problem solving abilities. Keywords: Student Activity Sheet, Problem Based Learning, Problem Solving Ability

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:39
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62621

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir