WAHYU NURWIDAYATI, 1753053004 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3211Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1528Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengembangan produk berupa media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Kemuning Jaya. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan 6 tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes pretest dan posttest, angket, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sparkol videoscribe dapat menghasilkan hasil belajar kognitif yang tinggi dihitung menggunakan analisis N-gain pada skala kecil dan skala besar sebagai uji coba. Alhasil dalam proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran diperoleh peningkatan rata-rata pretest sebesar 52 dan posttest sebesar 76 saat uji coba skala kecil menunjukkan perhitungan n-gain sebesar 0,5 dan uji coba skala besar diperoleh peningkatan rata-rata pretest sebesar 54 dan posttest sebesar 79 menunjukkan perhitungan n-gain sebesar 0,543. Selain itu, sebelum produk diuji cobakan kepada peserta didik terlebih dahulu produk diujicobakan oleh ahli validasi untuk mendapatkan data kelayakan produk yang dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan validasi media sebesar 96,6% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak, dan tanggapan peserta didik pada skala kecil sebesar 100%, skala besar sebesar 90%, dan termasuk dalam kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Sparkol videoscribe sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV. Kata Kunci: hasil belajar, media pembelajaran, sparkol videoscribe
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2203755197 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 02:27 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2022 02:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62742 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |