PROSES KREATIF PENGARANG NOVEL THE POWER OF A DREAM NINA NURRAHMAH DAN IMPLEMENTASINYA PADA RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XII

EKA OKTAVIANA, 1813041059 (2022) PROSES KREATIF PENGARANG NOVEL THE POWER OF A DREAM NINA NURRAHMAH DAN IMPLEMENTASINYA PADA RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XII. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3047Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2868Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses kreatif Nina Nurrahmah sebagai pengarang novel The Power of A Dream dan implementasinya pada rancangan pembelajaran sastra di SMA kelas XII. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat di SMA kelas XII tentang perancangan novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya rangkaian proses kreatif yang dilalui oleh Nina Nurrahmah sebagai pengarang novel The Power of A Dream dalam menulis karya-karyanya. Proses kreatif Nina dimulai dari dorongan untuk menulis, kegitan sebelum menulis, kegiatan selama menulis, hingga kegiatan setelah menulis. Seluruh kegiatan yang dilalui Nina tidak lepas dari latar belakang pribadinya. Mulai dari alasan menulis, melakukan wawancara terlebih dahulu sebelum menulis, kegiatan berulang yang dilakukan saat menulis, hingga sampai pada tahap karya selesai ditulis semua sangat mencerminkan latar belakang budaya, agama, dan pendidikan Nina. Semua proses kreatif Nina ini sangat layak untuk dijadikan inspirasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menarik, dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran maupun diimplementasikan ke dalam rancangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kata kunci : Proses kreatif pengarang, pembelajaran merancang novel di SMA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203413058 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:06
Terakhir diubah: 09 Jun 2022 02:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62791

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir