PENGARUH PENAMBAHAN KULIT PISANG KEPOK DAN JAHE PUTIH KECIL (Zingiber officinale var. amarum) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SINBIOTIK SUSU KAMBING ETAWA

Atri Melatiningsih, 1814051020 (2022) PENGARUH PENAMBAHAN KULIT PISANG KEPOK DAN JAHE PUTIH KECIL (Zingiber officinale var. amarum) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SINBIOTIK SUSU KAMBING ETAWA. PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRACT.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (149Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1610Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1451Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kulit pisang kepok dan jahe putih kecil. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi ekstrak kulit pisang kepok (P) yaitu 0% (P0); 1% (P1); 2% (P2); dan 3% (P3), sedangkan faktor kedua adalah konsentrasi ekstrak jahe putih kecil yaitu 0% (J0); 1% (J1); 2% (J2); dan 3% (J3). Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam dan uji lanjut dengan ortogonal polinomial (OP) dengan parameter total bakteri asam laktat (BAL), total asam laktat, pH, dan aktivitas antibakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit pisang kepok berpengaruh nyata secara linier meningkatkan total BAL, total asam laktat, aktivitas antibakteri dan berpengaruh secara linier menurunkan pH. Ekstrak jahe putih kecil tidak berpengaruh nyata terhadap total BAL, total asam laktat, dan pH namun berpengaruh nyata secara linier meningkatkan aktivitas antibakteri. Interaksi antara konsentrasi ekstrak kulit pisang kepok dan jahe putih kecil tidak berpengaruh nyata terhadap total BAL, total asam laktat, dan pH, namun berpengaruh nyata secara kuadratik dan linier meningkatkan aktivitas antibakteri. Perlakuan terbaik diperoleh dari interaksi penambahan ekstrak kulit pisang kepok 3% dan ekstrak jahe putih kecil 3% dengan karakteristik total BAL 9,13 log koloni/mL, total asam laktat 0,82%, pH 3,41, dan aktivitas antibakteri dengan diameter zona bening sebesar 16,3 mm. Kata kunci: Jahe putih kecil, kulit pisang kepok, prebiotik, probiotik, sinbiotik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2203386153 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:14
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 06:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63087

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir