PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS STUDENT ACTIVE LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

ALHAFIDZ RIANDENI, 1823053038 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS STUDENT ACTIVE LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2473Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1942Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian kognitif berbasis student active learning yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran tematik untuk peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) mengadopsi model Borg and Gall. Terdiri atas 7 tahap, yaitu tahap 1 penelitian dan pengumpulan informasi. Tahap ini menghasilkan data tentang pentingnya pengembangan instrumen kognitif dalam pembelajaran tematik dan informasi tentang pembelajaran berbasis student active learning. Tahap 2 dan 3, perencanaan dan pengembangan, pada tahap ini dihasilkan storyboard instrumen penilaian kognitif, rumusan indikator penelitian, desain penelitian, dan produk awal instrumen penilaian kognitif. Tahap 4 dan 5, uji lapangan awal dan revisi, pada tahap ini dihasilkan produk instrumen penilaian kognitif yang valid secara teori yang dilakukan oleh ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli evaluasi dengan nilai masing-masing, 94,13; 94,23; dan 93,75 termasuk kategori sangat valid. Tahap 6 dan 7, uji produk utama dan revisi, pada tahap ini dihasilkan semua butir instrumen penilaian kognitif dinyatakan valid dengan nilai rh 0.93 dan rt 0.17, rh > rt, Reliable dengan sig.(1 tailed) < 0,05. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Kognitif, Student Active Learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203446026 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:37
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir