STRATEGI REBRANDING KOPI ROBUSTA WAY KANAN MELALUI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC)

PONITA DEWI , 1826031002 (2022) STRATEGI REBRANDING KOPI ROBUSTA WAY KANAN MELALUI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3791Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3124Kb) | Preview

Abstrak

Kabupaten Way Kanan merupakan kabupaten penyumbang kopi robusta ketiga di Provinsi Lampung. Pada tahun 2017, Kabupaten Way Kanan melakukan branding kopi Robusta dengan merek kopi Puti Malu dan gagal karena merek Kopi Putri Malu digunakan oleh seorang pelaku UKM. Saat ini, Kabupaten Way Kanan sedang melakukan rebranding kopi robusta Putri Malu menjadi kopi Robusta Way Kanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis proses strategi rebranding (rebranding personality, rebranding positioning dan rebranding identity) kopi Robusta Way Kanan yang dilakukan oleh kabupaten Way Kanan melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori ekuitas merek (David Aaker) dan teori rebranding (Muzellec dan Lamkin). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding yang dilakukan oleh kabupaten Way Kanan adalah repostioning dan renaming. Unsur IMC yang dilakukan oleh kabupaten Way Kanan adalah periklanan melalui media sosial milik kepala daerah, kepala pemangku kepentingan dan pelaku UKM (facebook, whatsapp, instagram dan youtube), hubungan masyarakat melalui media dan publisitas, pemasaran langsung melalui pusat oleh-oleh Way Kanan, penjualan pribadi melalui mulut ke mulut saat bazar dan promosi penjualan melalui contoh produk yaitu minum kopi Robsuta secara gratis. Kata kunci: Integrated Marketing Communication (IMC), Kopi Robusta Way Kanan, Rebranding. Way Kanan Regency is the third Robusta coffee contributor district in Lampung Province. In 2017, Way Kanan Regency branded Robusta coffee with the Putri Malu coffe and failed because the Putri Malu coffe be used by an SME actor. Currently, Way Kanan Regency is rebranding the Putri Malu coffe to Way Kanan Robusta coffee. This study aims to identify, describe and analyze the process of rebranding strategy (rebranding personality, rebranding positioning and rebranding identity) Way Kanan robusta coffee by Way Kanan district through Integrated Marketing Communication (IMC). The research method used is descriptive qualitative, data collection techniques with observation, interviews and documentation. The theory used is the theory of brand equity (David Aaker) and the theory of rebranding (Muzellec and Lamkin). The results showed that the rebranding process carried out by Way Kanan district was reposting and renaming. The elements of IMC carried out by Way Kanan district are advertising through social media belonging to regional heads, heads of stakeholders and SMEs (facebook, whatsapp, instagram and youtube), public relations through media and publicity, direct marketing through robusta coffee. at the Way Kanan souvenir center, personal selling by word of mouth during the bazaar and sales promotion through product samples, namely drinking Robsuta coffee for free. Keywords: Integrated Marketing Communication (IMC), Way Kanan Robusta Coffee, Rebranding

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203818807 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:56
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63144

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir