HASANAH, SYAIRINI (2022) TINDAK TUTUR KOMISIF PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR TRADISIONAL KALI REJO KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (3087Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3315Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3260Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah tindak tutur komisif penjual di pasar tradisional Kali Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur komisif penjual dan pembeli di pasar tradisional Kali Rejo dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah penjual dan pembeli yang sedang bertransaksi jual beli. Data berupa wacana percakapan lisan antara penjual dan pembeli yang berkomunikasi dengan tindak tutur komisif, yaitu menjanjikan, menawarkan, dan berkaul. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu teknik observasi nonpartisipasi, teknik catat lapangan, dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur komisif menawarkan lebih banyak ditemukan daripada menjanjikan dan berkaul. Dilihat dari bentuk kelangsungan dan ketidaklangsungan tuturan, data yang banyak ditemukan ialah bentuk tindak tutur langsung. penjual langsung menawarkan barang tanpa ada maksud lain dibaliknya. Modus yang digunakan dalam tindak tutur tidak langsung adalah modus berita dan modus tanya. Modus yang sering muncul ialah modus berita, hal ini dilatarbelakangi oleh hasil bahwa dalam transaksi jual beli, bentuk pernyataan objek yang akan dijual sering dipakai oleh penutur untuk mencapai tujuan transaksi tersebut. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas X semester genap, pada KD 3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi dan 4.11 Mengkontruksikan teks negosiasi dengan dengan memperhatikan isi, struktur, (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. Hal ini menunjukan bahwa hasil temuan ini layak dijadikan sebagai suplemen bahan ajar pada materi teks negoisasi. Kata Kunci: implikasi, pasar tradisional, dan tindak tuturkomisif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2203771186 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 08:33 |
Terakhir diubah: | 20 Jun 2022 08:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63299 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |